Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Sebagian orang menyukai tidur siang , bahkan sampai berjam-jam hingga sore hari tiba. Namun, taukah jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap hari, tidur di sore hari sangat tidak dianjurkan. Hal itu merupakan hal yang kurang baik untuk tubuh kita, mengapa ?

Alasannya adalah tidur sore dapat meningkatkan perubahan negatif  pada hormon, karena proses saat bangun di sore hari membebankan keadaan stress pada bagian tubuh. Terdapat pula penelitian yang menyebutkan bahwa tidur sore juga dapat membuat seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk.

Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Kami selaku agen resmi, tidak hanya menghadirkan produk herbal yang berkualitas saja, namun kami juga dapat memberikan kenyamanan kepada anda calon pelanggan kami dengan memberikan sistem pembayaran yang paling istimewa yakni (kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran). Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan.

Bahaya tidur sore hari bagi kesehatan | Berdasarkan peneliti dari Huazhong University of  Science and Technology di China juga menemukan bahwa tidur disiang hari tidak boleh lebih dari 30 menit. 24% dari orang yang sering tidur siang hingga sore hari memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan 19% dari mereka yang tidak pernah tidur di waktu tersebut. Hasil penelitian yang ditemukanpun menyebutkan bahwa tidur sore hari dapat menurunkan tingkat ingatan seseorang.

bahaya-tidur-sore-hariBaca juga | Tips Sederhana Mengatasi Radang Telinga Luar

Para ilmuwan mengatakan tidur sore yang kurang dari 30 menit atau tidak tidur sore sama sekali dapat mengurangi kemungkinan orang terkena diabetes. Dari penelitian disimpulkan bagi yang biasa tidur sore akan beresiko tinggi terkena penyakit diabetes, apalagi mereka yang kurang berolah raga.  Selain itu, seseorang yang tidur siang terlalu lama, maka pada malam harinya cenderung akan mengalami kesulitan tidur. Dengan adanya perubahan jam tidur, otomatis mengganggu siklus tubuh selama 24 jam, dan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi insulin.

Berikut Dampak Buruk Jika Sering Tidur Sore Hari

Dibawah ini ada beberapa dampak buruk jika sering tidur sore hari yang perlu anda ketahui, seperi yang di kutip oleh halosehat.com :

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang dengan rutinitas tidur di sore hari memiliki kadar kolesterol tubuh cukup tinggi disbandingkan dengan orang yang tidak pernah tidur pada sore hari.

Kadar kolesterol dapat meningkat tanpa anda sadari saat tidur sore karena tubuh secara otomatis harus tidur disaat metabolism tubuh dalam keadaan maksimal. Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes yang terjadi karena kebiasaan tidur sore diantaranya:

  • Minum air putih setelah tidur agar kondisi tubuh kembali normal.
  • Lakukan olahraga kecil setelah bangun tidur untuk mencegah tubuh kekurangan insulin.
  • Setelah bangun tidur jangan langsung mengkonsumsi makanan berat karena bisa memberikan beban berat pada sistem metabolism tubuh.

2. Menurunkan Daya Ingat

Masih menjadi satu perbincangan dimana seseorang yang sering tidur sore hari akan mengakibatkan daya ingatnya menurun sedikit demi sedikit. Mungkin Anda pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun pada saat malam hari. Rata-rata orang tersebut akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan hilang ingatan sementara mengenai waktu.

Perpindahan dari sore ke malam membuat tubuh tidak menyesuaikan secara otomatis karena masih dalam kondisi tertidur. Satu pertanyaan yang sering diucapkan saat terbangun pada malam hari adalah jam berapa dan hari apa?

Beberapa pencegahan pikun akibat terlalu sering tidur sore bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Memasang alarm sebelum malam tiba.
  • Setelah terbangun jangan langsung bangun dari kasur, usahakan untuk mengingat hari dan waktu agar otak kembali mendapatkan memori sebelum Anda tidur sore.
  • Kondisikan tubuh terhadap waktu, dimana ada satu perhatian penting kepada Anda yakni tubuh harus lebih siap melakukan kegiatan di malam hari.

3.  Meningkatkan Resiko Diabetes

Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur pada sore hari maka harus mewaspadai serangan diabetes lebih dini. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kebiasaan tidur siang akan merasakan susah tidur di malam hari.

Untuk tidur sore hari akan langsung berdampak pada produksi insulin tubuh yang cenderung menurun karena kurangnya aktivitas. Perubahan waktu tidur secara otomatis akan mengganggu siklus tubuh dalam waktu 24 jam.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya..

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, silahkan anda simpan link berikut ini https://obatinfertilitaspadawanita.wordpress.com/, baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s