Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Sebagian orang menyukai tidur siang , bahkan sampai berjam-jam hingga sore hari tiba. Namun, taukah jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap hari, tidur di sore hari sangat tidak dianjurkan. Hal itu merupakan hal yang kurang baik untuk tubuh kita, mengapa ?

Alasannya adalah tidur sore dapat meningkatkan perubahan negatif  pada hormon, karena proses saat bangun di sore hari membebankan keadaan stress pada bagian tubuh. Terdapat pula penelitian yang menyebutkan bahwa tidur sore juga dapat membuat seseorang lebih sering mengalami mimpi buruk.

Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Kami selaku agen resmi, tidak hanya menghadirkan produk herbal yang berkualitas saja, namun kami juga dapat memberikan kenyamanan kepada anda calon pelanggan kami dengan memberikan sistem pembayaran yang paling istimewa yakni (kirim barang terlebih dahulu, setelah barang sampai baru transfer pembayaran). Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan.

Bahaya tidur sore hari bagi kesehatan | Berdasarkan peneliti dari Huazhong University of  Science and Technology di China juga menemukan bahwa tidur disiang hari tidak boleh lebih dari 30 menit. 24% dari orang yang sering tidur siang hingga sore hari memiliki kadar kolesterol dalam tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan 19% dari mereka yang tidak pernah tidur di waktu tersebut. Hasil penelitian yang ditemukanpun menyebutkan bahwa tidur sore hari dapat menurunkan tingkat ingatan seseorang.

bahaya-tidur-sore-hariBaca juga | Tips Sederhana Mengatasi Radang Telinga Luar

Para ilmuwan mengatakan tidur sore yang kurang dari 30 menit atau tidak tidur sore sama sekali dapat mengurangi kemungkinan orang terkena diabetes. Dari penelitian disimpulkan bagi yang biasa tidur sore akan beresiko tinggi terkena penyakit diabetes, apalagi mereka yang kurang berolah raga.  Selain itu, seseorang yang tidur siang terlalu lama, maka pada malam harinya cenderung akan mengalami kesulitan tidur. Dengan adanya perubahan jam tidur, otomatis mengganggu siklus tubuh selama 24 jam, dan mempengaruhi tubuh dalam memproduksi insulin.

Berikut Dampak Buruk Jika Sering Tidur Sore Hari

Dibawah ini ada beberapa dampak buruk jika sering tidur sore hari yang perlu anda ketahui, seperi yang di kutip oleh halosehat.com :

1. Meningkatkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang dengan rutinitas tidur di sore hari memiliki kadar kolesterol tubuh cukup tinggi disbandingkan dengan orang yang tidak pernah tidur pada sore hari.

Kadar kolesterol dapat meningkat tanpa anda sadari saat tidur sore karena tubuh secara otomatis harus tidur disaat metabolism tubuh dalam keadaan maksimal. Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes yang terjadi karena kebiasaan tidur sore diantaranya:

  • Minum air putih setelah tidur agar kondisi tubuh kembali normal.
  • Lakukan olahraga kecil setelah bangun tidur untuk mencegah tubuh kekurangan insulin.
  • Setelah bangun tidur jangan langsung mengkonsumsi makanan berat karena bisa memberikan beban berat pada sistem metabolism tubuh.

2. Menurunkan Daya Ingat

Masih menjadi satu perbincangan dimana seseorang yang sering tidur sore hari akan mengakibatkan daya ingatnya menurun sedikit demi sedikit. Mungkin Anda pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun pada saat malam hari. Rata-rata orang tersebut akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan hilang ingatan sementara mengenai waktu.

Perpindahan dari sore ke malam membuat tubuh tidak menyesuaikan secara otomatis karena masih dalam kondisi tertidur. Satu pertanyaan yang sering diucapkan saat terbangun pada malam hari adalah jam berapa dan hari apa?

Beberapa pencegahan pikun akibat terlalu sering tidur sore bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Memasang alarm sebelum malam tiba.
  • Setelah terbangun jangan langsung bangun dari kasur, usahakan untuk mengingat hari dan waktu agar otak kembali mendapatkan memori sebelum Anda tidur sore.
  • Kondisikan tubuh terhadap waktu, dimana ada satu perhatian penting kepada Anda yakni tubuh harus lebih siap melakukan kegiatan di malam hari.

3.  Meningkatkan Resiko Diabetes

Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur pada sore hari maka harus mewaspadai serangan diabetes lebih dini. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kebiasaan tidur siang akan merasakan susah tidur di malam hari.

Untuk tidur sore hari akan langsung berdampak pada produksi insulin tubuh yang cenderung menurun karena kurangnya aktivitas. Perubahan waktu tidur secara otomatis akan mengganggu siklus tubuh dalam waktu 24 jam.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya..

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, silahkan anda simpan link berikut ini https://obatinfertilitaspadawanita.wordpress.com/, baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115

Iklan

Tips Sederhana Mengatasi Radang Telinga Luar

Radang telinga luar adalah kondisi di mana saluran telinga yang menghubungkan telinga luar menuju gendang telinga mengalami infeksi atau peradangan. Kondisi ini begitu menyakitkan, bahkan rasa sakitnya dapat semakin meningkat ketika mengunyah, menyentuh bagian luar telinga, atau menyentuh daun telinga.

Tips mengatasi radang telinga luar | Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar tips mengatasi radang telinga luar.

mengatasi-radang-telinga-luarRadang telinga luar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti reaksi alergi, iritasi, infeksi jamur, infeksi bakteri, dan dermatitis seboroik. Selain tu, berenang di air yang kotor dan berada di lingkungan yang sangat lembap juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena radang telinga luar. Kondisi ini selain menyebabkan rasa sakit juga dapat membuat telinga terasa penuh, gatal, dan muncul cairan kecokelatan atau kekuningan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang telinga luar.

  1. Minum obat penghilang sakit Radang telinga luar dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu, untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi pereda rasa sakit yang dijual di apotik. Seperti naproxen, ibuprofen, atau acetaminophen. Baca aturan pakai pada kemasan obat dan konsultasikan dengan dokter jika perlu.
  2. Keringkan bagian kuping Jika sakit telinga Anda disebabkan karena berenang di air yang kotor, maka mandilah sesudah itu, kemudian cobalah untuk perlahan mengeringkan bagian telinga dengan menggunakan pengering rambut atau hair dyer.
  3. Gunakan handuk hangat Selain menggunakan obat penghilang sakit, Anda juga dapat menggunakan handuk hangat yang ditempelkan di bagian telinga untuk mengatasi sakit telinga. Penggunaan bantal panas juga dapat membuat cairan kuping keluar atau meleleh ketika terkena panasnya. Tapi, jangan sampai menggunakan bantal panas ini hingga ketiduran. Karena bisa berbahaya.
  4. Teteskan obat telinga Radang telinga luar bisa menimbulkan gatal yang membuat tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya dengan meneteskan obat tetes kuping yang biasa digunakan khusus perenang. Obat tetes ini dapat digunakan untuk mencegah kondisi tersebut dengan menggunakannya sebelum dan sesudah berenang atau mandi.
  5. Selain itu, jika Anda mengalami hal ini, usahakan untuk tidak memasukkan air ke dalam telinga.

Car Mencegah Radang Telinga Luar Kembali Terjadi

Agar radang telinga luar tidak mengganggu kenyamanan Anda, cobalah untuk melakukan beberapa cara pencegahan. Misalnya saja seperti tetap jaga agar telinga Anda kering dengan membasuhnya memakai handuk lembut pada bagian luar telinga yang basah. Anda juga dapat mengeringkan telinga menggunakan hair dryer dengan pengaturan angin yang pelan dan dari jarak sekitar 30 cm. 

Jika anda hendak berenang, perhatikan juga kondisi air di kolam renang. Jika terlihat kotor, disarankan untuk mengurungkan niat Anda. Jika Anda tidak mengalami kerusakan pada gendang telinga, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga khusus saat ingin berenang juga sesudahnya. Anda juga dapat membuat tetes telinga sendiri dengan campuran alkohol dan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Kemudian teteskan satu sendok teh campuran tersebut ke dalam telinga, lalu biarkan cairan tersebut kembali keluar. Campuran alkohol dan cuka ini dipercaya dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan dapat membantu meningkatkan pengeringan telinga yang basah.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya radang telinga, hindarilah menggunakan benda-benda asing seperti jepit rambut, klip kertas, atau kapas untuk membersihkan kotoran atau menggaruk telinga. Karena perlengkapan tersebut dapat mengiritasi kulit tipis di dalam telinga dan membuat kotoran masuk lebih dalam ke saluran telinga.

Rasa yang ditimbulkan oleh radang telinga luar tentu membuat Anda tidak nyaman. Jika sakit semakin tidak tertahankan, segeralah kunjungi dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terus kunjungi situs https://obatinfertilitaspadawanita.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga | Sayur Bendi Untuk Penderita Diabetes